Bagi penggendong ransel, hostel adalah pilihan terbaik untuk menginap di Singapura. Selain cocok di kantong budget traveler, fasilitasnya pun sudah lebih dari cukup untuk tinggal satu-dua malam, seperti wifi, breakfast, western toilet, hot shower, city map, internet, dan free teh/kopi sepanjang hari.

Berikut beberapa rekomendasi hostel yang bisa jadi acuan kamu di Singapura.

Travellers Loft
Hostel ini terletak di Lavender Street, sekitar 700 meter dari pusat belanja 24 jam Mustafa Center. Untuk kesini, kamu tinggal jalan kaki 15 menit dari stasiun MRT Farrer Park atau Lavender. Di common area terdapat tv kabel, dvd, dan pc dengan internet gratis, termasuk free wifi dan breakfast. Harga standard 6 bed mixed dorm mulai 150 ribu rupiah per malam.

Mitraa Inn
Alamat: 531 Serangoon Road, Singapura
Salah satu hostel favorit saya di Singapura. Lokasinya di kawasan Little India, sekitar 15 menit jalan kaki menuju Mustafa Center. Stasiun MRT terdekat: Farrer Park. Bisa juga naik bis SMRT dengan bus stop tepat di depan pintu masuk hostel ini. Ada fasilitas 4, 6, dan 8 bed dorm, mixed dan female dorm. Free wifi dan breakfast. Harga mulai Rp 180 ribu per malam.

Footprints Hostel
Alamat: 25A Perak Road, Singapura
Hostel futuristik yang bersih dan nyaman. Terpilih sebagai “Most Popular Hostel in Singapore” (2014) dan 2012 Hoscar Awards dari Hostelword. MRT terdekat: Rochor dan Little India. Tersedia private room (family) dan mixed dorm room di harga mulai Rp 125 ribu.

5Footway Inn Project Chinatown
Alamat: 61-63 Pagoda Street, Singapura
Cari hostel di area Chinatown? Salah satu rekomendasi saya adalah 5Footway Inn. Lokasinya tepat di seberang jalan kuil Hindu yang bersebelahan dengan jalan masuk menuju Chinatown. Suasananya cozy, banyak properti untuk foto selfie, free wifi dan breakfast. MRT terdekat: Chinatown.

The Hive Singapore Hostel
624 Serangoon Road, Singapura
Lokasinya masih di kawasan Little India dan dekat dengan Mustafa Center. Fasilitas standard seperti hostel pada umumnya: free wifi, breakfast, free coffee dan teh sepanjang hari, tv kabel, dan free overseas call. MRT terdekat: Boon Keng.

Mercury Backpackers Hostel
Alamat: 57 Lavender Street, Singapura
Hostel ini juga punya kamar private ala hotel. Cocok buat kamu yang ingin jaga privasi tapi tetep bepergian ala budget. MRT terdekat: Lavender. Harga dorm bed mulai dari Rp 175 ribu, harga private room (4 bed private) mulai dari Rp 800 ribu.

Drop Inn Singapore
Alamat: 247 Lavender Street, Singapura
Hostel yang pas untuk keluarga, terletak di kawasan Lavender, tersedia fasilitas prayer room dan fasilitas lain untuk balita dan orang tua. Yang unik, hostel ini tidak menerima tamu Singapura, jadi hanya untuk traveler dari luar negeri, termasuk Indonesia. Harga private room mulai Rp 650.000 per malam, harga dorm (6 bed mixed) mulai dari Rp 230.000 per malam.

Lotus Hostel
Alamat: Blk 146, Jalan Bukit Merah, Singapura
Dulunya hostel ini bernama Singapore Backpackers Hostel, kini dengan manajemen baru tersedia dua tipe dorm: 5 single bed (unik, mungkin satu-satunya di Singapura) dan 4 double deck bed. Harga mulai dari Rp 247.000 per malam, free wifi, breakfast, coffee/tea, dan fasilitas standar hostel yang lain di common room.

Backpackers Inn Chinatown
Alamat: 27 Mosque Street, Singapura
Alternatif lain untuk hostel di kawasan Chinatown. Tersedia fasilitas karaoke dan bar di lantai dasar hostel ini. MRT terdekat: Chinatown. Harga private room mulai dari Rp 600 ribu per malam, dan harga dorm bed mulai dari Rp 218 ribu.

Sleepy Kiwi
55 Bussorah St, Singapura
Suka lokasi yang fotogenik seperti di Arab Street? Sleepy Kiwi bisa jadi alternatif hostel terbaik karena terletak tepat di kawasan Masjid Sultan. Dengan nuansa perpaduan budaya Melayu dan Timur Tengah, Sleepy Kiwi menawarkan suasana yang berbeda saat kamu tinggal di Singapura. MRT terdekat: Bugis. Harga bed per malam mulai Rp 140 ribu sudah termasuk breakfast dan free wifi.

Catatan: Harga dan fasilitas mengacu saat artikel ini ditulis, bisa berubah pada periode tertentu. Cek harga real time di situs-situs booking online.

Ada pertanyaan atau komentar?