Beberapa waktu kemaren timeline medsos ramai postingan konser Coldplay di Singapura. Sebagai negara paling modern di Asia Tenggara, Singapura memang sering jadi tuan rumah event-event internasional, termasuk konser Chris Martin cs.

Singapura memang dikenal sebagai negara dengan biaya hidup tinggi. Saya pun lebih sering menjadikan Singapura sebagai tempat transit atau istirahat sehari sebelum melanjutkan penerbangan. Tapi jangan khawatir, masih ada banyak cara menikmati Singapura dengan biaya low budget.

1. Wifi Gratis

Buat generasi milenia, internet udah jadi kebutuhan primer saat traveling. Di Singapura, wi-fi gratis hampir ada di mana-mana, mulai dari bandara, rumah makan, hotel, sampai di dalam bis. Tak perlu beli sim card kalo cuma 2-3 hari di Singapura, bisa hemat 20 sampai 50 dolar.

Landing di Changi, langsung nyambung free wi-fi

2. Hostel

Harga kamar hotel bintang tiga di Singapura rata-rata sekitar 100 dolar per malam. Biar lebih hemat, cobalah menginap di hostel dengan harga sekitar 25 dolar per malam. Udah include breakfast dan free wifi. Ingin tau rekomendasi hostel di Singapura? Baca di artikel ini.

Salah satu pilihan hostel di Lavender

3. MRT

Naik taksi atau Uber? No need lah! Singapura jauh lebih menarik dijelajah dengan transportasi umum: MRT dan bis yang terkoneksi dengan kartu Ezlink. Cukup dengan 10 dolar, kamu udah bisa keliling Singapura 24 jam.

Keliling Singapura lebih seru naik MRT

4. Wisata gratis

Bagi penghemat budget, ada banyak atraksi wisata gratis di Singapura. Merlion salah satunya, lokasi foto “sejuta umat” di Singapura. Tapi wisata gratis di Singapura bukan cuma Merlion, ada Universal Studio (tanpa tiket terusan), Gardens by the Bay (tanpa Skywalk), Chinese Japanese Gardens, Singapore Botanical Gardens, atau foto-foto di spot asik Masjid Sultan dan Arab Street.

Supertree di Gardens by The Bay

5. Kuliner

Perpaduan budaya Melayu, China, dan India membuat Singapura terkenal dengan kelezatan kulinernya. Tak perlu makan di restoran mewah, cobalah nongkrong di hawker food yang banyak terdapat di sekitar stasiun MRT seperti Bugis dan Little India. Harga minuman dan makanan di hawker food berkisar antara 3 sampai 6 dolar.

Hawker food di kawasan Little India

6. Oleh-oleh

Wisatawan Indonesia gak bisa lepas dari oleh-oleh. Untuk mencari oleh-oleh dengan harga murah, carilah di kawasan Chinatown, Bugis, atau Mustafa Center di Little India.

Chinatown pilihan belanja souvenir murah

7. Tiket promo

Ada banyak maskapai budget yang menawarkan tiket Rp 300 ribuan dari Indonesia ke Singapura. Tak perlu khawatir pakai low cost airline karena penerbangannya gak sammpai dua jam (CGK-SIN atau SUB-SIN). Rajin-rajinlah hunting tiket murah, booking jauh hari, dan hindari terbang di akhir pekan atau libur panjang.

Ada pertanyaan atau komentar?