Pulau Lombok identik dengan Senggigi dan Gili Trawangan, dua destinasi paling banyak dikunjungi wisatawan domestik dan asing.

Meski ada puluhan tempat wisata lain di Lombok, biasanya turis menuju Senggigi terlebih dulu untuk sekedar transit, sewa motor, atau menikmati kuliner khas Lombok.

Bagaimana cara menuju Senggigi setelah landing di Lombok International Airport (LOP)?

Bis Damri jurusan Senggigi-Mataram ke Bandara Lombok
Bis Damri jurusan Senggigi-Mataram ke Bandara Lombok

1. Bis Damri

Ada dua rute bis Damri dari bandara Lombok, yaitu menuju Senggigi dan Lombok Timur.

Bis Damri dari bandara Lombok menuju Senggigi ada tiap jam, mulai jam 3 pagi sampai 6 sore waktu setempat dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Bis ini akan berhenti sejenak di Mataram, yaitu pool Damri dekat Terminal Mandalika.

Bandara Lombok – Mataram atau sebaliknya RP 25.000
Bandara Lombok – Senggigi atau sebaliknya RP 35.000
Bandara Lombok – Lombok Timur atau Selong (Terminal Pancor) RP 30.000

Jam keberangkatan bis Damri rute Senggigi-Mataram dan Selong menuju bandara Lombok
Jam keberangkatan Damri rute Senggigi-Mataram menuju Lombok

2. Taksi / Sewa Mobil

Kalau ingin lebih cepat, bisa pilih taksi atau sewa mobil yang ada di konter-konter resmi bandara. Tarifnya mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 250.000, bisa nego.

3. Angkot

Mau pakai cara lebih murah ala backpacker? Cobalah naik angkot yang ada di area luar bandara. Kamu mesti jalan kaki keluar bandara menuju bypass. Angkot yang lewat sini adalah jalur Sengkol – Praya. Memang sih, agak susah naik angkot ke Senggigi karena setidaknya mesti oper dua kali dan tidak ada angkot pada malam hari.

Menuju Gili Trawangan

Setelah sampai Senggigi, kamu bisa lanjut ke Gili Trawangan dengan naik angkot jurusan Bangsal. Ada dua pelabuhan untuk menyeberang ke Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air:
Public boat: Pelabuhan Bangsal
Private/fast boat: Pelabuhan Teluk Nare

Ada pertanyaan atau komentar?