Liburan ke Singapura identik mahal? Jangan salah, ada banyak destinasi gratis yang bisa dinikmati di Negeri Singa.

Bekerja sebagi trip planner membuat saya hampir tiap bulan ke Singapura, entah sekedar transit, working trip, atau extend satu-dua hari untuk berakhir pekan di negara ini.

Kalo kamu ingin liburan murah -bahkan gratis di Singapura, berikut tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi sesuai itinerary yang bisa kamu pakai untuk liburan akhir pekan.

Baca juga:
10 Destinasi Gratis Yang Wajib Kamu Kunjungi di Singapura
Rekomendasi 10 Hostel Murah Untuk Backpacker di Singapura
10 Wisata Kuliner Murah dan Halal di Singapura

HARI PERTAMA
Setelah landing Bandara Changi, tak perlu buru-buru keluar bandara. Ada banyak spot keren dan gratis di bandara terbaik di dunia ini. Ada Sunflower Garden di T2, Butterfly Garden di T3, dan yang paling baru segera dibuka Jewel di depan T1 yang di dalamnya ada air terjun indoor seperti di Gardens by The Bay.

Kalo kamu landing siang di Changi, berarti masih banyak waktu untuk explore Singapura di hari pertama. Kamu bisa ke Chinatown dan Bugis untuk belanja souvenir murah. Malamnya kamu bisa ke Merlion dengan pertunjukan sinar laser berlatar belakang Marina Bay Sands. Jalan kaki sekitar 15 menit dari Merlion, kamu bisa menikmati Helix Bridge dengan permainan lampu warna-warni di jembatan futuristik ini.

HARI KEDUA
Menikmati udara pagi Singapura yang segar di Chinese and Japanese Gardens adalah pilihan terbaik di pagi hari. Taman hijau yang luas ini menawarkan suasana alami khas China dan Jepang dengan latar belakang kolam, danau buatan, serta beberapa ornamen dan kuil bergaya oriental.

Dari taman ini, kamu bisa menuju Universal Studio dengan MRT, turun di Harbour Front, kemudian jalan kaki lewat Vivo City atau naik Sentosa Express. Menikmati USS tak harus mahal -bahkan bisa gratis. Berfoto di bola dunia, Lake of Dreams, Merlion Sentosa, dan walking trail menuju Siloso Beach adalah aktivitas gratis di  Sentosa Island.

Tujuan berikutnya yang tepat untuk menghabiskan sore sampai malam adalah Gardens by The Bay. Permainan lampu warrna-warni di Supertree taman modern ini ibarat berada di dunia Pandora. Dan serunya lagi kamu tak perlu mengeluarkan recehan dolar untuk menikmati Gardens by The Bay alias gratis, kecuali naik ke Skywalk dan masuk Flower Dome.

HARI TERAKHIR
Sitback, relaks, hari terakhir waktunya bersantai sebelum ke bandara untuk flight pulang. Kalo masih ada banyak waktu luang, kamu bisa jalan-jalan ke sekitar Raffles Statue, Cavanagh Bridge, Esplanade, atau Clarke Quay. Kalau malas jalan-jalan, cari aja spot-spot menarik di sekitar hostel. Kalo hostelmu di kawasan Bugis, kamu bisa jalan-jalan menikmati grafiti di Haji Lane dan suasana timur tengah di sekitar Arab Street dan Masjid Sultan.

Estimasi anggaran biaya (di luar tiket pesawat):
Dua kali top-up Ezlink Card: SGD 20
Dua kali makan dan jajan di Sevel: SGD 15
Dua kali makan di hawker food: SGD 12
Hostel dua malam: SGD 40
Air mineral: SGD 3
Lain-lain: SGD 10
TOTAL BIAYA/ORG: SGD 100 atau sekitar RP 980.000

One thought on “Itinerary Liburan Hemat Akhir Pekan di Singapura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *