Udah tau sekuel film King Kong yang rilis tahun 2017 berjudul Skull Island? Ada satu destinasi di Vietnam yang jadi lokasi syuting film ini, yaitu Ninh Binh.

Ninh Binh berjarak sekitar tiga jam perjalanan dari Hanoi, ibukota Vietnam. Destinasi utama di Ninh Binh tak lain adalah Trang An Scenic Landscape Complex, kawasan wisata alam dengan komplek pagoda di antara sungai dan perbukitan kapur (karst).

Sepintas, landscape Ninh Binh mirip Halong Bay, hanya saja perbukitan kapur di Ninh Binh berlatar belakang sungai dan sawah padi, beda dengan Halong Bay yang berlatar belakang lautan.

Dengan nilai sejarah dan budaya yang tinggi, Ninh Binh telah diakui UNESCO sebagai salah satu Situs Warisan Dunia. Kawasan ini juga merupakan bekas ibu kota Vietnam kuno pada abad ke-10 dan 11.

Proses alami ribuan tahun membuat Ninh Binh kaya dengan peninggalan arkeologi dan peninggalan manusia purba 30 ribu tahun lalu. Tentunya, kondisi ini sangat mendukung latar belakang “Skull Island” dengan tema┬ápulau terpencil di Pasifik.

Periode terbaik ke Ninh Binh adalah saat musim panas, sekitar April sampai September. Hindari ke tempat ini saat musim dingin dan hujan karena mengganggu kenyamanan saat beraktivitas di Ninh Binh.

How to get there

Cara paling gampang tentu saja ambil paket tour dari hotel atau travel agent di Hanoi. Harga one day trip Ninh Binh sekitar 35-40 USD per orang.

Cara ala backpacker, kamu bisa naik bis umum dari Hanoi ke Ninh Binh dari terminal bis Giap Bat. Harga tiket bis 70.000 VND (sekitar RP 40 ribu). Ada juga bis turis berupa “open tour bus” dengan harga sekitar Rp 140.000 VND.

Artikel ini juga dimuat di Breaktime Travel dengan editing. Baca di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *