Nama Kepulauan Tumbak mungkin tidak sefamiliar Pulau Bunaken, destinasi utama di Manado. Tapi Sulawesi Utara tak hanya Manado atau Bunaken. Masih banyak tempat-tempat indah di provinsi ini, salah satunya Pulau Tumbak.

Tumbak adalah kawasan yang terdiri dari kampung nelayan, dermaga, pelelangan ikan, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya: Pulau Baling-baling, Pulau Ponteng, dan Pulau Bohanga. Ketiganya ada di sekitar perairan Tumbak dan bisa dijangkau dari satu pulau ke pulau yang lain hanya sekitar 30 menit.

Kawasan Tumbak ada di wilayah Kecatamatan Posumaen, Minahasa Tenggara. Untuk menuju kawasan ini, dari kota Manado kita mesti menempuh perjalanan tiga jam naik bis umum. Kalo musim ujan, siap-siap aja bakal goyang-goyang selama di perjalanan karena banyak material longsor. Usahakan menuju tempat ini di musim kering, sekitar bulan Agustus sampai November.

Setelah tiba di Tumbak, kita bisa titip ransel dan bawaan lain di homestay sekitar pantai. Kalo mau nginap di sini, siapin duit sekitar 100-150 ribu per malam. Di sekitar homestay banyak warung-warung nelayan dengan aroma ikan bakar yang menggoda selera.

Penyeberangan dari Tumbak ke Pulau Baling-Baling ditempuh sekitar 30 menit. Pulau Baling-baling identik dengan bukit kecil di tengahnya, seperti Pulau Kenawa di Nusa Tenggara Barat. Bukitnya sih gak terlalu tinggi, sekitar 50 meter, tapi wajib hati-hati karena lumayan curam dan licin. Pemandangan dari atas bukit ini…¬†Instagramable!

Setelah puas di Pulau Baling-Baling, wisatawan biasanya akan menuju Pulau Ponteng. Pulau ini sebelas-dua belas sama Pulau Baling-Baling, tapi lebih luas dengan bukit yang lebih besar dan landai. Pulau Ponteng juga terkenal dengan spot snorkelingnya.

Kalo kamu belum puas snorkeling di Pulau Ponteng, segeralah meluncur ke Pulau Bohanga. Di sini ada sebuah cottage yang dikelola orang Perancis. Tempat ini biasanya juga menjadi tempat menginap bagi wisatawan yang suka night dive. Kalo kamu tak bisa diving, menginap di Tumbak Island Cottage ini tetap worth it karena view sunset dan sunrisenya istimewa.

Pulau Bohanga memang terkenal dengan underwater-nya. Dikelilingi hutan mangrove, perairan di pulau ini dipenuhi terumbu karang dan ikan warna-warni semacam lionfish, cardinalfish, clownfish, napoleon, angelfish, surgeonfish, unicornfish, morish dan lainnya.

Kuliner

Seafood adalah menu utama kalo kamu ke Pulau Tumbak. Perpaduan ikan bakar segar khas Tumbak dengan sambal dabu-dabu khas Manado dijamin bikin kamu betah tinggal di sini.

Akomodasi

Homestay di kampung nelayan Pulau Tumbak adalah pilihan terbaik untuk menghemat biaya, 100 ribuan per malam. Kalo mau lebih private dan eksklusif, pilihannya adalah Tumbak Island Cottage. Kalo kamu ambil “one day tour” langsung balik ke Manado pada sore harinya.

Menuju Kepulauan Tumbak

Ala backpacker: Naik bis umum dari Manado menuju Minahasa, kemudian dilanjutkan sewa ojek ke Tumbak.

Ala koper: Sewa mobil atau minibus dari Mando menuju Tumbak. Lama perjalanan dari Manado ke Tumbak kurang lebih tiga jam.

One thought on “Kepulauan Tumbak, Destinasi Eksotik Sulawesi Utara Selain Bunaken

Ada pertanyaan atau komentar?