Mulai awal April, traveler yang berlibur ke Vietnam tak lagi bisa menikmati keindahan Halong Bay dengan perahu kayak.

Pemerintah provinsi Quang Ninh -wilayah Halong Bay berada- memberlakukan larangan tour kayak karena dianggap “merusak lingkungan pariwisata” dan tidak masuk dalam rencana “five-year heritage conservation plan” yang berjalan sampai tahun 2020.

Alasan lain pemberhentian layanan tour kayak di Halong Bay adalah karena banyak pengelola yang beroperasi tanpa izin usaha. Selain itu sejumlah kapal pesiar sering membawa perahu kayak sendiri untuk tamu mereka. Yang satu ini sepertinya lebih ke alasan bisnis.

Bermain kayak di Halong Bay

Main kayak memang salah satu aktivitas paling digemari traveler di Halong Bay. Lokasinya di Floating Village Halong, sekitar 45 menit perjalanan dengan cruise dari dermaga Bay Chai.

Traveler yang tidak bermain kayak bisa naik perahu bambu yang dikayuh warga lokal. Perahu berisi 6 orang ini membawa traveler berkeliling Floating Village dengan landscape teluk dan tebing kapur khas Halong Bay.

Update

Mulai bulan Juni 2017 kemarin udah boleh main kayak lagi di Halong Bay. Perairan sudah tak terlalu dangkal dan cuaca perfect khas musim panas di Vietnam.

Ada pertanyaan atau komentar?