Cara paling mudah, cepat, dan murah dari Singapura ke Kuala Lumpur adalah naik pesawat.

Saat periode normal (weekday/non libur panjang) RP 250-300 ribuan udah dapet tiket one way SIN-KUL pesawat lowcost.

Tapi saat weekend atau libur panjang, harga tiket pesawat SIN-KUL bisa naik tiga sampai empat kali lipat. Sebagai alternatif untuk kantong backpacker, kamu bisa naik bis.

Alurnya:

1. Menuju Checkpoint

Dari semua tempat di Singapura, kamu mesti ke Kranji. Naiklah MRT jalur merah jurusan Joo Koon. Setelah sampai Kranji, turun satu lantai dan naik bis SBS Transit menuju Woodlands Checkpoint. Lihat map SMRT di sini.

Tips:
Bayar MRT dan SBS Transit pakai kartu Ezlink. Usahakan deposit kamu tidak kurang dari 10SGD sebelum naik MRT ke Kranji.

Bis SBS dari Kranji ke Woodlands Checkpoint
Bis SBS dari Kranji ke Woodlands Checkpoint (Trevallog)

2. Imigrasi keluar Singapura

SBS Transit akan berhenti di imigrasi Singapura. Semua penumpang turun dan jalan kaki naik satu lantai ke imigrasi. Ikuti alur seperti biasanya.

Penting:
Jangan sekali-kali memotret atau merekam apapun di dalam atau luar area imigrasi, baik dengan hp atau kamera, karena bisa ditindak tegas.

3. Imigrasi masuk Malaysia

Setelah beres di imigrasi Singapura, turun satu lantai dan naik SBS Transit lagi jurusan Johor Bahru/JB Sentral/Larkin (tak harus bis yg sama saat berangkat tadi).

Bis ini akan berhenti di imigrasi Malaysia, semua penumpang turun dan jalan kaki menuju imigrasi. Ikuti alur imigrasi seperti biasa.

4. Menuju Larkin

Setelah selesai imigrasi Malaysia, turun satu lantai ke arah bus parking (bukan ke arah JB Sentral). Tunggulah SBS Transit jurusan Larkin Sentral. Dari sini, perjalanan ke Larkin Sentral kurang lebih 20 menit.

Did You Know?
Selama perjalanan dari Singapura sampai Larkin Sentral (yang lokasinya sudah masuk wilayah Malaysia) kamu tak perlu keluar uang Ringgit karena semua transaksi menggunakan kartu Ezlink.

Konter tiket bis di Larkin Sentral
Konter tiket bis di Larkin Sentral

5. Larkin Sentral – Kuala Lumpur

Setelah tiba di Larkin Sentral, carilah “Tiket Kaunter” di area dalam terminal. Disini ada bayak pilihan operator bis. Berdasarkan pengalaman, saya pilih bis Starmart jurusan Kuala Lumpur yang menggunakan armada double-decker AC 37 seat (1-2 tempat duduk).

Harga tiket Larkin Sentral – KL untuk bis ini 35MYR. Di KL, bis akan berhenti di Terminal Bersepadu Selatan atau TBS.

Dari Larkin Sentral ini kamu juga bisa langsung turun KLIA/KLIA2 dengan harga tiket 45MYR.

Perjalanan dari Larkin Sentral ke KL/KLIA/KLIA2 kurang lebih 4-5 jam. Bis akan sekali berhenti di rest-area. Jangan khawatir mati gaya selama perjalanan karena ada colokan hp.

Happy journey!

Ada pertanyaan atau komentar?