Sawadikhap! Berencana liburan ke Bangkok di bulan Oktober? Penting nih. Pastikan cek tanggal-tanggal berikut karena Thailand akan melangsungkan upacara kremasi Raja Bhumibol.

Tanggal 13 Oktober 2016 lalu segenap rakyat Thailand berduka karena meninggalnya Raja Bhumibol. Hampir setahun berlalu, Negeri Gajah Putih bersiap untuk melakukan upacara kremasi bagi mendiang raja.

13 Oktober – Libur nasional Thailand memperingati meninggalnya Raja Bhumibol

25 Oktober – Upacara pra-kremasi di Dusit Maha Prasat Throne Hall di dalam komplek Grand Palace

26 Oktober – Hari libur nasional. Jasad Raja Bhumibol akan dipindah menuju krematorium kerajaan di Sanam Luang. Upacara kremasi.

27 Oktober – Upacara pasca-kremasi

28 Oktober – Upacara penghormatan pada abu jenazah Raja Bhumibol di Grand Palace

29 Oktober – Upacara kerajaan dan pemindahan abu raja ke Wat Rajabopit dan Wat Bowon Niwet

Selama hari libur nasional, fasilitas umum, transportasi, hotel, mall, dan tempat-tempat wisata tetap buka seperti biasa. Tapi bank dan kantor pemerintah -khususnya kedutaan besar dan imigrasi tutup.

Meski beberapa lokasi tutup untuk umum, wisatawan tak perlu khawatir karena transportasi umum seperti BTS Skytrain, BRT Bus, dan Chao Praya Express Boat tetap beroperasi seperti biasa. Semua jalur BTS Skytrain bahkan digratiskan sepanjang hari khusus pada tanggal 26 Oktober.

Grand Palace dan Temple of the Emerald Buddha, dua obyek wisata penting di Bangkok, DITUTUP untuk umum dan wisatawan mulai tanggal 1 sampai 29 Oktober 2017. Wisatawan bisa kembali berkunjung ke Grand Palace mulai 30 Oktober.

Jadi, gimana dong kalo udah terlanjur beli tiket buat liburan ke Bangkok di tanggal-tanggal tadi?

Tetep berangkat. Tetep liburan. Life goes on.

Bangkok kota besar. Masih banyak tempat wisata dan pusat perbelanjaan yang buka. Pastinya, lebih baik menghindari kawasan Grand Palace karena upacara kremasi dipusatkan di kawasan ini. Tetap berpakaian sopan dan hormati warga lokal.

Selamat liburan di Bangkok!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *