Ho Chi Minh City atau HCMC yang dulu bernama Saigon dikenal sebagai kota metropolitan-nya Vietnam. Kota terbesar kedua setelah Hanoi ini juga menjadi “pintu gerbang” traveler yang baru pertama kali ke Vietnam.

Di HCMC sendiri ada banyak pilihan destinasi budaya, sejarah, belanja, dan kuliner. Kalo kamu punya waktu dua hari liburan di HCMC, jangan lewatkan 10 spot wisata khas HCMC berikut ini.

1. War Remnants Museum

Masuk ke museum paling populer di Vietnam ini seperti membawa kita kembali ke masa perang Vietnam. Sejumlah kendaraan perang dan pesawat tempur disimpan di museum ini. Juga ada beberapa diorama, manekin, lukisan, dan foto yang menggambarkan kejam dan suramnya peperangan.

Tank peninggalan Perang Vietnam di War Remnants Museum

2. Water Puppet Show

Buat yang suka wisata budaya, Water Puppet Show bisa menjadi pilihan saat berkunjung ke Ho Chi Minh City. Wayang orang-nya Vietnam ini juga bisa ditemui di beberapa kota lain di Vietnam, seperti Da Nang, Hoi An, dan tentu saja Hanoi.

Water Puppet Show, semacam kesenian wayang golek

3. Thien Hau Temple, Chinatown

Seperti halnya kota-kota besar lain di dunia, HCMC juga punya Chinatown. Obyek paling populer di kawasan ini adalah Kuil Thien Hau, kuil yang membawa kita ke suasana kehidupan China abad 19.

Salah satu kuil paling terkenal di Chinatown Saigon

4. Notre Dame Cathedral

Bisa dibilang, inilah salah satu ikon HCMC. Katedral bergaya Perancis ini dibangun tahun 1877 dan memiliki menara kembar setinggi 60 meter. Pengunjung bisa masuk ke area dalam katedral saat ibadah misa.

Katedral yang jadi ikon wisata Ho Chi Minh City

5. Kantor Pos Kolonial Perancis

Letaknya tepat di seberang jalan katedral Notre Dame, bangunan mewah bergaya Perancis ini dulunya digunakan sebagai kantor pos pusat Ho Chi Minh City. Gedung ini dirancang Gustave Eiffel yang juga merancang Menara Eiffel.

Suasana di dalam gedung kantor pos peninggalan Perancis

6. Saigon Opera House

Saigon Opera House dikenal juga sebagai Municipal Theatre dan menjadi salah satu arsitektur penting peninggalan Perancis di HCMC. Pada masa kolonial, bangunan digunakan sebagai sarana hiburan bagi kolonial Perancis. Setelah Vietnam merdeka, gedung ini berubah fungsi menjadi teater kesenian dan budaya Vietnam.

Gedung teater Ho Chi Minh City

7. Reunification Palace

Reunification Palace juga sering disebut sebagai Istana Kemerdakaan yang merupakan simbol kemenangan dan persatuan Vietnam setelah perang saudara tahun 1975. Bangunan ini berada di atas bekas Istana Norodom dan kini terbuka untuk wisatawan.

Istana yang menjadi simbol persatuan Vietnam

8. Ben Thanh Market

Untuk turis Indonesia yang hobi belanja, Ben Thanh Market adalah tempat wajib untuk berburu oleh-oleh. Pandai-pandailah menawar untuk mendapatkan harga termurah. Yang seru, wisatawan Indonesia juga bisa bertransaksi dengan Rupiah di beberapa kios tertentu di dalam Benh Tanh Market ini.

Pusatnya oleh-oleh di Ho Chi Minh City

9. Cu Chi Tunnels

Meski letaknya sekitar 60 km dari pusat kota HCMC, Cu Chi Tunnels adalah obyek wisata sejarah paling populer bagi wisatawan asing. Sesuai namanya, obyek ini berupa terowongan sempit sepanjang 250 kilometer yang dulunya menjadi basis operasi militer Vietkong pada masa Perang Vietnam.

Lobang persembunyian sisa peninggalan Perang Vietnam

10. Mekong Delta

Naik sampan di sungai Mekong ini ibarat menyusuri Sungai Chao Phraya pada masa lalu dengan berbagai lokasi pasar terapung, desa nelayan, peternakan, dan pasar tradisional yang menjual berbagai kuliner khas Vietnam. Dari pusat kota Ho Chi Minh City, wisatawan menuju My Tho di tepi sungai Mekong sejauh 70 kilometer.

Menyusuri Sungai Mekong di Ho Chi Minh City

Anyway, Vietnam itu luas. Setelah mengunjungi 10 destinasi di HCMC tadi, rencanakan perjalananmu selanjutnya di Vietnam dengan mengunjungi Da Nang dan Hoi An di bagian tengah, Hanoi, Halong Bay, dan Sa Pa di utara, atau Phu Quoc Island di ujung selatan Vietnam.

Ada pertanyaan atau komentar?