Alor terkenal dengan keindahan bawah lautnya -salah satu yang terbaik di Indonesia. Tak hanya bawah laut, masih banyak keindahan tersembunyi di Alor, salah satunya Pulau Kepa.

Pulau Kepa berada di seberang Alor Kecil, sekitar 30 menit perjalanan dari Kalabahi, ibu kota Alor. Untuk menuju Kepa, kita hanya perlu menyeberang sekitar 500 meter dengan perahu motor dari Alor Kecil, warga setempat menyebutnya “ojek laut”.


Approaching Kepa Island from Alor Kecil with “Ojek Laut”


Morning view Kepa Island with it’s crystal clear water and soft corals

Begitu tiba di Kepa, tidak sulit untuk langsung jatuh cinta dengan pulau kecil ini. Beningnya air laut, sampai terumbu karang dan biota laut pun tampak dari permukaan. Langit biru dan latar belakang Pulau Pura serta Pulau Ternate di kejauhan menambah keindahan panorama pantai pulau ini. Snorkeling pun bisa dilakukan di pinggiran pantai. Tapi arus bawah di sini ini cukup kuat, jadi kamu harus ekstra hati-hati, terutama yang belum terlalu mahir.


View from north side of Kepa Island where you can see Pura Island and Ternate Island


Me with local child Kepa Island

Di Pulau Kepa yang bebas polusi ini ada dua penginapan: La Petite Kepa Homestay dan Marangki Kepa. Keduanya berada tepat di tepi pantai. Marangki Kepa kini jadi ikon baru kecantikan Pulau Kepa.

Marangki Kepa terdiri dari empat bangunan bungalow yang terbuat dari kayu dan berbentuk rumah tradisional Alor. Keempat bangunan utama ini sudah terlihat jelas dari Alor Kecil di seberang lautan. Di belakangnya terdapat common room untuk breakfast dan dinner, serta dapur dan kamar mandi umum.


It’s always good to start your day with morning sun in front of Marangki Kepa bungalows


Marangki Kepa bungalows offer island-life experience on tiny island of Kepa

Pak Haris, owner sekaligus pengelola Marangki Kepa, menyambut dengan ramah dan akrab saat saya tiba di cottage ini. Pria asli Alor ini banyak bercerita tentang Alor dan Pulau Kepa, termasuk Marangki Kepa yang usianya baru beranjak dua tahun dan masih akan terus dikembangkan. Di depan cottage juga terdapat tiga gazebo untuk bersantai dengan pemandangan laut dan Alor Kecil.


Me with Mr. Haris, an owner of Marangki Kepa

Fasilitas di Marangki Kepa: tempat tidur spring bed, handuk, amenities, kamar mandi dengan toilet duduk, shower, air tawar bersih, lampu led solar panel, breakfast, lunch, dinner, free flow air mineral, coffee and tea, charge hp tiap pagi dan malam hari. Satu lagi, kamu juga bisa pesta barbeque pada malam hari di Marangki dengan suasana sepi dan tenang khas kehidupan pulau. Istimewa!


A rainbow and the morning view from the bungalows. (pic: Marangki Kepa Facebook)

Buat kamu yang ingin island hopping ke banyak destinasi cakep di Alor seperti Pulau Ling’al, Hirang, Pulau Pura, Pulau Ternate, Marangki Kepa lewat Pak Haris bisa handle semuanya. Termasuk kalau kamu ingin diving.


Aerial view of the bungalows in Kepa Island, Alor, East Nusa Tenggara of Indonesia (pic: Marangki Kepa)

TIPS:
1. Waktu terbaik ke Alor adalah pertengahan tahun, sekitar bulan Mei sampai Oktober saat cuaca cerah, langit biru, dan visibility bawah laut sangat baik.
2. Bawalah alat snorkeling sendiri, terutama fins (kaki katak) untuk memudahkan gerakan saat berenang karena arus di perairan Alor sangat kuat.
3. Booking jauh hari karena jumlah kamar yang terbatas, terutama saat high season. Untuk pemesanan dan info lebih lanjut, hubungi: Pak Haris Marangki Kepa, Telp/sms 0853-3938-3880, Whatsapp: 0812-3620-0040, atau follow Instagram @marangki.kepa

One thought on “Review Marangki Kepa, Surga Kecil Pulau Kepa di Alor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *