Tak jauh beda dengan Hanoi, Ho Chi Minh City adalah surganya penikmat kuliner saat traveling di Vietnam.

Ada sedikit perbedaan nama, bumbu dan rasa antara kuliner Vietnam utara dan selatan. Kuliner Vietnam selatan lebih gurih dan pedas, setidaknya untuk lidah Indonesia. Saya sendiri lebih sering mengeksplor Vietnam utara seperti Hai Duong, Halong, Ha Giang, dan kawasan tengah seperti Da Nang, Hoi An, dan Hue.

Oke, berikut ini sepuluh rekomendasi kuliner Vietnam selatan yang bisa kamu cobain saat mampir Ho Chi Minh City. Sebagai catatan, mayoritas kuliner ini non halal karena mengandung pork. Wisatawan muslim bisa memilih menu yang sama di restoran halal.

Pho, versi halal-nya bisa coba Pho Ga (pho ayam)

Pho
Belum lengkap ke Vietnam tanpa mencoba Pho. Kuliner nasional Vietnam ini ada di mana-mana, mulai kaki lima sampai restoran bintang lima. Favorit saya: Pho Ga (ayam) yang dimakan dengan roti cakue. Harga satu porsi Pho mulai dari 40.000 VND.

Com Tam, semacam nasi uduk untuk sarapan

Com Tam
Kalo di kita semacam nasi campur. Menu ini sangat populer di Vietnam selatan, terutama untuk sarapan. Nasi putih disajikan dengan bihun dan daging babi panggang yang diasinkan serta beberapa sayuran sepeti ketimun, tomat, acar, serta saus ikan. Harga satu porsi Com Tam biasanya mulai dari 25.000 VND.

Banh Xeo, cocok dinikmati saat nongkrong

Banh Xeo
Banh Xeo adalah sejeni pancake yang disajikan dengan daging babi udang, tauge, dan beberapa sayuran khas Vietnam. Banh Xeo biasanya dinikmati saat nongkrong atau jadi menu penutup setelah makan malam. Satu porsi Banh Xeo biasanya berkisar antara 15.000 sampai 50.000 VND.

Ketan ala Vietnam dengan irisan daging babi dan bawang merah goreng

Xoi
Dalam bahasa Inggris, Xoi disebut sticky rice, atau kita menyebutnya ketan. Di Vietnam, menu ini sangat populer terutama disajikan pada saat sarapan. Untuk versi yang komplet, Xoi biasanya disajikan dengan bawang merah goreng, irisan daging ayam atau babi, dan sosis. Harga: 25.000 VND sampai 50.000 VND.

Banh Mi, roti isi khas Vietnam, semacam kebab

Banh Mi
Banh Mi sangat populer di kalangan wisatawan karena bentuknya yang unik. Semacam baguette atau roti panjang dengan isi campuran sayuran, saus, telur, dan irisan daging babi atau ayam bakar. Saking populernya, tak jarang kita mesti antre panjang di toko-toko penjual Banh Mi. Harganya mulai dari 25.000 VND.

Spring roll ala Vietnam

Cha Gio atau Spring Roll
Di Vietnam utara, spring roll disebut Nem. Di selatan, orang Vietnam menyebutnya Cha Gio. Makanan ini kalau di kita seperti lumpia, dengan isi sayur-sayuran, tahu, toge, seafood, dan daging babi cincang. Makanan yang gurih dan renyah ini biasanya disajikan dengan saus ikan, kecap asin, dan sambal. Satu porsi spring roll biasanya dijual mulai harga 25.000 VND.

Banh Cuon, spring roll isi udang dan sayuran yang dikukus

Banh Cuon
Bentuknya hampir sama dengan spring roll, tapi identik dengan lapisan luar berwarna putih yang terbuat dari tepung beras. Isinya berupa sayur-sayuran, udang, dan irisan daging babi. Banh Cuon dimasak dengan cara dikukus. Banh Cuon disajikan dengan campuran saus ikan, sambal, dan jeruk nipis. Satu porsi Banh Cuon harganya sekitar 40.000 VND sampai 80.000 VND.

Bun Rieu, sup merah dengan aroma seafood

Bun Rieu
Bun Rieu adalah menu favorit saya di Vietnam. Semangkuk sup merah pedas dengan komposisi mie beras yang direbus, tahu goreng yang diiris kecil-kecil, tomat, rebusan kepiting cincang -kadang juga dikasih kerang, dan irisan daging babi rebus, atau jeroan babi. Satu porsi Bun Rieu harganya mulai 40.000 VND.

Bun Bo Hue ini mirip Bun Rieu tapi dengan komposisi lebih lengkap

Bun Bo Hue
Sesuai namanya, menu ini berasal dari Hue di Vietnam bagian tengah. Tapi di Ho Chi Minh City, makanan ini juga sangat populer. Bun Bo Hue ini dulunya disajikan untuk kalangan istana di Hue. Sepintas hampir mirip Bun Rieu, tapi dengan mie beras yang lebih tebal. Harga satu porsi Bun Bo Hue sekitar 35.000 VND sampai 60.000 VND.

Bun Cha, menu nasional Vietnam kesukaan Barack Obama

Bun Cha
Makanan tradisional Vietnam ini asalnya dari kawasan utara, tapi juga sangat populer di selatan. Menu utama dari Bun Cha adalah daging babi yang dicincang dan dipanggang di atas arang, kemudian disajikan dengan mie beras, saus ikan, sambal, dan setumpuk sayuran khas Vietnam. Presiden Barack Obama pun memilih Bun Cha sebagai santapan street food saat berkunjung ke Vietnam. Harga seporsi Bun Cha antara 30.000 sampai 50.000 VND.

1 VND = sekitar IDR 0,6

Ada pertanyaan atau komentar?