Halong Bay adalah destinasi utama bagi wisatawan yang datang ke Vietnam, khususnya Hanoi. Dari ibu kota Vietnam ini, Halong Bay ditempuh dengan perjalanan sekitar 3,5 sampai 4 jam.

Ada beberapa pilihan menuju Halong Bay dari Hanoi. Cara paling gampang tentu saja ikut tour. Kamu bisa memesan tour dari hotel atau travel agent di sekitar Old Quarter, keesokan paginya kamu tinggal duduk di lobby, dijemput oleh guide sekitar jam 8, dan naik bis ke Halong Bay. Harga paket one day tour Hanoi – Halong Bay sekitar 25 sampai 30 USD per orang.

Alternatif kedua adalah sewa sepeda motor. Tapi karena jarak yang cukup jauh, alternatif kedua ini not recommended. Kecuali kamu punya waktu panjang dan ingin adventure dengan sepeda motor di Halong Bay.

Bis antar kota ke Halong Bay

Cara ketiga -menurut saya ini yang paling seru- adalah naik bis umum. Untuk menuju Halong Bay, kamu mesti naik bis antar kota dari My Dinh Bus Station. Di terminal ini ada bis antar kota yang menuju Halong Bay (Bai Chai) berangkat tiap jam dari jam 7 pagi sampai 5 sore.

Kalo kamu menginap di area Old Quarter, cara menuju terminal bis My Dinh adalah naik bis kota nomor 34 dari Long Bien. Setelah tiba di terminal Luong Yen, carilah konter tiket jurusan Halong atau Bay Chai. Harga tiketnya 100 ribu VND. Petugasnya agak susah ngomong English, jadi bilang saja “Ha Long” dan transaksi seperti biasa.

Terminal bis My Dinh

Lama perjalanan dengan bis dari Hanoi ke Halong biasanya sekitar empat jam dengan dua kali berhenti di rest area dan beberapa bus stop. Perjalanannya cukup panjang dan melelahkan, jadi siapin air mineral dan cemilan karena tidak ada pedagang asongan seperti di kita.

Setelah sampai Halong, mintalah turun di bus stop dekat Bai Chay. Dari lokasi ini kamu bisa jalan kaki ke pelabuhan Bai Chay -tempat wisatawan naik dan turun perahu wisata Halong Bay. Kamu juga bisa mencari hotel atau penginapan di sekitar tempat ini. Sewa sepeda motor dari hotel (150-200 ribu VND per hari) adalah cara terbaik menikmati Halong Bay keesokan harinya.

Selamat menikmati Halong Bay!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *